KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatNya, sehingga terselesaikanlah tugas Konsep Sistem Informasi ini. Dalam tugas ini akan dibahas tentang suatu perusahaan dimana akan ditinjau tentang konsep sistem informasinya.
Dalam Tugas ini dijelaskan bagaimana struktur penyusunan dari Perusahaan yang mendirikan sutu Produk yang mencakup konsep sifo. Dimana untuk mempermudah atau membantu saya dalam mempelajari konsep sistem informasi ini.
Demikian tugas ini saya susun. Saya mengharapkan kritik dan saran dari dosen pembimbing, untuk perbaikan kedepannya.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih.
Penulis
Ika Jeane Manurung

Sejarah Mengenai berdirinya Perusahaan Ultrajaya
Kisah PT Ultrajaya diawali dari sebuah Perusahaan susu yang kecil pada tahun 1958. dan juga sampai pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT ULTRAJAYA MILK Industry&Trading Company.
PT Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman yang segar dalam kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita untuk jus buah segar dan teh kotak untuk minuman teh segar.
Lokasi pabriknya terletak sangat stategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan Sumber Daya alam yang melimpah, segar dan berkualitas,dimulai dari susu segar, daun tah hingga buah-buahan tropis. Kesegaran bahan baku ini dan kualitas Gizi alaminya dapat dipertahankan melalui teknologi proses UHT dan pengemasan aspetik tanpa menggunakan bahan pengawet apapun.
Produk yang ditawarkan Oleh Ultrajaya ada beberapa produk Seperti:
- Teh kotak yang terdiri atas beberapa rasa: teh kotak bunga, dan ada juga teh kotak yang memiliki rasa apel,anggur,dan jeruk.
- Minuman Susu (milk) instant
- Buavita atau juice buah yang mempunyai kesegaran rasa yang berbeda
Cara Delivery produknya yaitu dengan cara mendisrtibusikan produk khususnya ke tempat perbelanjan sandang dan pangan seperti supermaket,toko-toko,dan grosir,yang saling bekerjasama dengan mitra kerjanya,juga pengiriman produk yang membutuhkan biaya transportasi,dan juga dengan menggunakan jasa pengiriman produk agar pengiriman produk dapat berjalan dengan lancar dan sampai ke tempat yang akan didisrtribusikan.
Perusahaan memperoleh keuntungan dengan melihat hasil dari penjualanan produk yang mengalami peningkatan produk yang ditawarkan kepada konsumen,dan menciptakan produk yang dapat mempengaruhi minat konsumen agar tetap mengkonsumsi produk-produk ultrajaya dan mengintegrasikan kesuluruhan proses produksi agar dapat memaksimalkan semua sumberdaya yang ada, hal ini lah yang selanjutnya akan menghasilkan pendapatan dan keuntungan yang tinggi.
4.Model Bisnis
- Aktivitas Bisnis yang dilakukan di PT.ultrajaya yaitu berusaha untuk memajukan Produk perusahaan tersebut dengan cara PT Ultrajaya sangat bertekad penuh mengembangkan dan membangun merek produk yang kuat, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tersebar di Indonesia dan juga yang paling utama teletak pada Visi Pemasaran cara mendistribusikan berbagai produk-produk minuman yang mempunyai khas Rasa yang berbeda sesuai dengan permintaan konsumen, oleh Perusahaan Ultrajaya.
- KOMPONEN SiFO (SDM, SDH,SDS,SDD,SDJ)
- SDM (Sumber Daya Manusia) yaitu : Pemimpin Perusaahaan,Manajer,Staf yang bekerja di Perusahaan tersbut Karyawan yang mempunyai tugasnya masing-masing, Juga Konsumen atau Pelanggan.
- SDH(Sumber Daya hardware) yaitu : Alat-alat dalam menciptakan Produk-produk Teh Kotak seperti,Komputer,monitor vidio.
- SDD(Sumber Daya Data) yaitu : Data-data yang menyangkut Sistem kerja diperusahaan,Database mengenai pendistribusian produk,stock persedian produk,juga data yang terdapat pada sistem kepegawaian Staf, karyawan.
- SDS(Sumber Daya Software) yaitu : Cara Program yang digunakan yang digunakan. untuk mengelola perusahaan, baik dalam prosedur pendisribusiaan produk, juga persediaan produk.
- SDJ(Sumber Daya Jaringan) yaitu : Internet yang terkoneksi untuk proses kinerja perusahaan,jaringan telepon untuk memberikan layanan konsumen, Intranet, Wan(World Area Network) dan juga Lan (local area Network).
Pengembangan Produk-Produk nilai yang ditawarkan kepada Konsumen Yaitu:
- Teh Kotak Jasmin
Kualitas/Manfaat bagi konsumen
Mengkonsumsi Teh kotak Jasmin adalah cara menikmati teh siap minum yang praktis, setiap saat dan dimana pun anda berada. Produk ini dibuat hanya dari daun teh pilihan yang diambil dari daratan tinggi perkebunan teh yang dicampur dengan bunga Jasmin. Produk ini bisa langsung dinikmati sebagai minuman teh yang menyegarkan.
Pemakaian: Sangat baik untuk diminum dingin atau suhu biasa setiap hari, juga Produk ini disarankan untuk konsumen berusia di atas 1 tahun.
Kualiatas/Manfaat
Mengkonsumsi Teh bunga adalah cara menikmati teh siap minum yang praktis, setiap saat, Produk ini adalah Teh yang khas dibuat bunga Krisantium, produk ini bisa langsung dinikmati sebagai minuman teh yang menyegarkan. Bagi konsumen indonesia, Teh bunga ini dipercaya sebagai minuman kesehatan yang baik untuk mengurangi panas dalam.
Kualitas/manfaat bagi konsumen
Dengan teh kotak rasa buah, sekarang Anda memiliki pilihan lebih banyak untuk mengkonsumsi teh siap minum yang praktis,dan dimana pun berada dengan beberapa rasa buah yang sangat segar. Produk ini dibuat hanya dari daun teh pilihan yang diambil dari dataran tinggi perkebunan teh yang dicampur dengan konsentrat buah. Produk ini bisa langsung dinikmati sebagai minuman tah yang sangat menyegarkan.
Strategi Pengembangan Perusahaan Ultrajaya :
Dengan cara membuat dan mengupayakan produk-produk yang lebih berkualitas dari produk yang sebelumnya,PT Ultrajaya selalu berusaha untuk tetap berada dibaris terdepan untuk kegiatan penelitian,pengembangan dan pengawasan mutu dan juga menargetkan jumlah produk yang akan didistribusikan ke pasar ke pelanggan juga ke mitra kerja. Melalui penelitian yang berkesinambungan terhadap kebutuhan pasar dan perubahan permintaan konsumen, perusahaan ini telah mengembangkan produk-produk Baru yang mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan cepat dan sebagai hasilnya, perusahaan ini sudah mengembangkan jumlah ragam produknya dari produk tunggal pada tahun 1975 menjadi lebih 60 produk saat ini- yang mana sebagian besar adalah pemimpin pasar, dan memberikan kualitas yang terbaik untuk masyarakat luas, baik konsumen,dan antara pelanggan.
Startegi Perusahaan Untuk menghadapi Persaingan
PT Ultrajay memiliki beberapa program untuk mendukung penjualan dan pemasaran produk-produknya termasuk didalamnya the kotak. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, yaitu:
- Dengan Cara melakukan Promosi
Mempunyai program promosi yang beragam, yang tidak hanya untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran, tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produknya,mempromrsikan produknya bukan hanya dari media cetak dan elektronik tetapi mereka juga membuat situs website untuk mempromosikan produk-produk mereka.
- Melakua Observasi Pasar
Menghadapi tantangan kejahatan atau keamanannya
- Memberi tanda hologram pada setiap produk atau kode produk tersebut.
- Memberikan alamat Produk seperti email,situs, atau juga suara konsumen
- Membuat hak paten produk tersebut.
PROSPEK BISNIS
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen |
Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.
Pasar utama PT Ultrajaya adalah
Interface atau Tampilan situs
- Menu dan navigasi nya mudah tinggal mengklik.
- Tampilan nya interaktif dan menarik untuk kalangan lain yang akan mengaksesnya
- dan animatif
DAFTAR PUSTAKA
- Situs pencarian www.google.com dengan alamat yang dituju www.ultrajaya.co.id.
|
|
|
ihhhh bagus banget ternyata khasiat nya . (y)
BalasHapuswahhhh ternyata khasiatnya sangat baguss
BalasHapus